Tips Menjaga Kesehatan Organ Lambung

blogger templates
Tips Menjaga Kesehatan Organ Lambung - Lambung adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup kita. Salah satu peran lambung adalah keterlibatannya dalam berlangsungnya sistem pencernaan dalam tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Organ Lambung

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan lambung yang bisa kita lakukan sebagai langkah pencegahan penyakit maag atau penyakit asam lambung. Adapun beberapa tips menjaga kesehatan lambung tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kurangi makanan asam dan pedas

Makanan yang asam dan pedas dapat memicu naiknya kadar asam lambung. Hindarilah konsumsi makanan atau minuman yang asam dan pedas. Ketika ada makanan yang masuk ke dalam lambung, maka secara alami lambung akan mengeluarkan HCl. Namun, bila mengkonsumsi makanan pedas atau asam dapat membuat lambung mengekskresikan asam HCl yang berlebihan. Dan hal inilah yang membuat lambung terasa perih.

2. Kurangi minuman bersoda

Banyak mengkonsumsi minuman yang bersoda dapat mengakibatkan gangguan pada lambung. Efek karbonasi dari minuman bersoda dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh dan memicu refluks, yaitu naiknya kembali makanan yang berada di lambung ke kerongkongan.
3. Perbanyak makan buah dan sayur

Serat yang terkandung dalam buah dan sayur baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan resiko terkena penyakit maag. Namun, usahakan untuk menghindari buah-buahan yang memiliki kadar asam yang tinggi seperti jeruk dan nanas

4. Makan secara teratur

Meskipun Anda memiliki aktivitas atau jadwal kerja yang padat, akan tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan lambung Anda. Usahakan untuk makan secara teratur setiap hari. Karena ketika makanan masuk ke lambung, secara otomatis lambung akan memproduksi cairan asam lambung. Secara alami ketika waktu makan telah tiba, maka lambung akan memproduksi asam lambung.Jika tidak ada makanan yang masuk saat itu dapat menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding lambung. Meski dalam jumlah sedikit, asam lambung ini akan menyebabkan gangguan seperti sakit perut, perih, kembung, dan begah.

5. Mengunyah makanan lebih lama

Cara mengunyah makanan dapat mempengaruhi kesehatan lambung. Kita dianjurkan untuk mengunyah makanan sekitar 32 kali sebelum ditelan. Makanan yang tidak dikunyah sangat halus, dapat menyebabkan gangguan pada lambung, yaitu meningkatkan asam lambung, karena makanan tidak dinetralkan oleh saliva (air liur).

6. Hindari stress

Stress dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih dan dapat mengakibatkan lambung Anda dalam masalah. Kurangi stress dengan beristirahat yang cukup, berjalan-jalan dan rileks dari pekerjaan yang terlalu menguras tenaga dan pikiran Anda.

Simak Juga :
Itulah beberapa tips menjaga kesehatan organ lambung. Jika memang lambung Anda sudah terlanjur terkena penyakit maag, kami merekomendasikan kepada Anda untuk melakukan pengobatan secara tradisional yang telah teruji secara klinis, mampu menurunkan kadar asam lambung secara efektif tanpa ketergantungan atau efek samping. Simak sajian lengkapnya di >> Obat Penyembuh Penyakit Maag Tanpa Perih.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Organ Lambung"

Post a Comment