Mengenal Gejala Awal Penyakit Maag

blogger templates
Gejala Awal Penyakit Maag - Penyakit maag atau penyakit asam lambung ini merupakan suatu penyakit yang tidak asing lagi di telinga kita. Tidak sedikit orang-orang di sekitar kita memiliki keluhan penyakit yang diakiabatkan karena meningkatnya kadar asam lambung ini, kurang menyadari gejala-gejala penyakit asam lambung yang dideritanya. Adapun gejala penyakit maag tersebut, adalah sebagai berikut ini :

Gejala Awal Penyakit Maag

Gejala Awal Penyakit Maag
  • Perut kembung, gejala penyakit maag yang biasanya sering muncul pada seseorang adalah mengalami perut kembung. Perut kembung ini diakibatkan oleh lambung yang didalamnya  terdapat banyak gas.
  • Mual dan muntah, gejala yang selanjutnya sering terjadi pada penderita penyakit maag adalah mual dan muntah. Jika seseorang mengalami hal seperti ini bisa jadi ini merupakan salah satu ciri penyakit maag.
  • Perut sering merasa lapar, jika seseorang tidak menjaga pola makan secara teratur biasanya penderita akan mudah merasa lapar, ciri ini juga merupakan salah satu dari tanda-tanda atau gejala penyakit maag.
  • Sering bersendawa. Hal ini terjadi akibat adanya gas yang dihasilkan di lambung, seseorang menjadi sering bersendawa. Seringnya sendawa ada kemungkinan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit maag.
  • Perasaan sakit pada bagian perut dan juga dada. Dari banyaknya ciri-ciri sakit maag yang biasanya muncul yang paling sering terjadi adalah penderita penyakit maag ini merasakan rasa sakit atau perih pada bagian perut dan juga pada bagian dada, meskipun ciri sakit dada banyak yang menghubungkannya dengan penyakit jantung. Untuk lebih memastikan apakah gejala ini merupakan penyakit maag atau bukan, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaat terhadap gejala yang sedang dialami.
Tips pencegahan penyakit maag

Agar terhindar dari penyakit maag, ada baiknya kita mengetahu bagaimaca cara mencegah terjadinya penyakit maag itu sendiri, antara lain :
  • Mengubah pola makan yang lebih sehat dan makan secara teratur
  • Mengunyah makanan sekitar 30x, hal ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi lebih lembut ketika masuk lambung
  • Hindarilah konsumsi makanan yang termasuk ke dalam Pantangan makanan untuk penderita penyakit maag, kurangi makan makanan yang dapat melukai lambung, seperti : cuka, kopi, makanan pedas atau beberapa makanan yang membuat lambung memproduksi asam lambung secara berlebihan.
  • Konsumsi susu kedelai. Dari berbagai studi ilmiah diketahui bahwa kandungan serat dalam kacang kedelai ini cukup tinggi dan sangat baik dan terbukti mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti maag, radang saluran cerna, kembung dan lain-lain.
  • Hindari stress, stress dapat menyebabkan kambuhnya penyakit maag. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berfikir positif dan menjauhkan stress dari fikiran Anda.
  • Hindari merokok. Asam lambung meningkat akibat rokok dan juga dapat menjadi penghmbat kesembuhan luka yang ada di dalam lambung.
Simak Juga :
  1. Obat Penyembuh Penyakit Maag Tanpa Perih
  2. Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Maag
  3. Jenis Buah dan Sayur Pereda Sakit Maag
  4. Tanaman Obat Herbal untuk Sembuhkan Maag
Itulah sajian informasi mengenai gejala awal penyakit maag. Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit maag ini, diharapkan kita bisa segera melakukan tindakan pengobatan sedini mungkin, agar keluhan penyakit maag yang diderita dapat segera diatasi. Semoga bermanfaat..

0 Response to "Mengenal Gejala Awal Penyakit Maag"

Post a Comment