Tanaman Obat Herbal untuk Sembuhkan Maag

blogger templates
Tanaman Obat Herbal untuk Sembuhkan Maag - Penyembuhan penyakit maag dapat dilakukan melalui pengobatan secara medis ataupun dengan menggunakan ramuan obat herbal. Berikut ini adalah sajian informasi mengenai pengobatan penyakit maag dengan menggunakan tanaman obat herbal yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita.

Penyakit maag atau penyakit asam lambung ini biasanya tejradi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena pola makan yang tidak sehat dan makan tidak teratur. Makanan pedas dan makanan yang pedas merupakan pemicu meningkatnya kadar asam lambung. 

Tanaman Obat Herbal untuk Sembuhkan Maag

Tanaman Obat Herbal untuk Sembuhkan Maag

Untuk menyiasati kadar asam lambung yang tinggi, kita bisa memanfaatkan beberapa tanaman obat herbal penyembuh penyakit maag yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Adapun ramuan obat herbal penyembuh sakit maag tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kunyit

Sifat-sifat yang dapat menyembuhkan luka sudah diketahui sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 gram) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan. Caranya : diperlukan 2 jari tangan kunyit, kupas dan bersihkan, parut dan tambahkan air matang. Setelah itu, diperas dengan menggunakan kain bersih, hasilnya diamkan dan ambil airnya. Minum 2 kali sehari, minum pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

2. Lidah buaya (Aloe vera)

Aloenin dan Magnesium laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung. Caranya: Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak 2 kali. Untuk memperbaiki rasa gel bisa diberi madu sekupunya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini.

3. Kemangi hutan/Lampes (Ocimum sanctum)

Tanaman obat herbal untuk sembuhkan maag yang berikutnya adalah kemangi hutan. Kemangi hutan ini berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0.30-1.50 m, dapat ditemua di seluruh Jawa dari dataran rendah. Caranya : konsumsilah daun kemangi segar (lampes) sebagai lalapan tiap hari.

4. Kamomila (Matricaria recutita)

Di Jawa Barat, tanaman kamomila dikenal sebagai teh kembang. Dulu di Garut kamomila digunakan sebagai bahan tambahan teh hijau, caranya : 1 sendok teh bunga kamomila. Air panas sebanyak 150 ml dituangkan ke dalamnya, didiamkan selama 5-10 menit, lalu diminum. Frekuensi meminumnya 3-4 kali sehari.

5. Kencur (Kaempferia galanga)

Selama ini, kencur kita kenal sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan sebagai campuran bahan makanan untuk menambah citarasa kuliner. Akan tetapi, tidak hanya sebagai rempah-rempah, kencur juga sangat efektif sebagai obat tradisional penyakit maag. Caranya : 1 jari rimpangnya dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Setelah halus dikunyah, kencur ditelan, kemudian minum dengan air hangat. Diminum 3 kali sehari.

6. Cincau (Cylea barbata)

Caranya : 1 genggam daun cincau (sekitar 80 gram berat basah), cuci dan giling halus. Remas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar bisa menjadi cepat kental. Setelah menggumpal, makan dengan air gula atau sirup. Minumlah ramuan obat herbal untuk sembuhkan maag ini 3 kali sehari, masing-masing dengan gelas ukuran 200 cc.

7. Meniran (Phyllanthus niruri)

Tanaman ini merupakan tanaman terna yang tumbuh tegak pada tempat lembab dan berbatu. Cara mengobati maag dengan menggunakan tanaman meniran ini cukup mudah, yaitu dengan mencuci daun meniran lalu rebus segenggam daun meniran dengan 3 gelas air bersih. Rebus hingga air menjadi setengahnya, dinginkan dan saring. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa mencampurkan madu seperlunya. Lakukan 3 kali sehari.

8. Daun jambu biji

Selain bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk penyakit diare dan sariawan, daun jambu biji juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit maag. Caranya mudah, sediakan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian cuci bersih. Rebus dengan 1,5 liter air bersih hingga mendidih, setelah dingin air disaring dan diminum secara rutin 3 kali sehari, pagi, siang dan malam sebelum tidur.

9. Temulawak

Temulawak ini adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat, dan hampir selalu ada di dalam ramuan obat tradisional terutama dalam jamu. Penggunaan temulwak sebagai tanaman obat untuk sembuhkan penyakit maag ini cukup sediakan 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian rebus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan minum 1 kali sehari 1 gelas.

10. Daun salam

Daun salam sering digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan. Aroma dan citarasa khas yang dimiliki daun salam ini menjadikannya sangat populer dalam dunia kuliner. Cara membuat ramuan herbal penyembuh maag ini sangat mudah, rebus 15-20 lembar daun salam dengan setengah liter air hingga mendidih. Tambahkan gula batu secukupnya untuk menambah cita rasa ramuan penyembuh maag herbal. Minum setiap hari hingga keluhan penyakit maag mereda dan sembuh.

11. Keji beling

Tanaman keji beling ini biasanya dipakai sebagai pagar untuk membatasi perkebunan atau tanah. Caranya sediakan 3 lembar daun keji beling segar kemudian gunakan sebagai lalapan alias dimakan sebagai teman nasi. Lakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit maag ini secara rutin, dan hindari pula makanan pedas dan asam serta pantangan makanan untuk penderita penyakit maag.

12. Biji pala

Cara membuat ramuan obat herbal penyakit maag dari biji pala ini cukup mudah, dan kita bisa melakukannya sendiri di rumah, caranya : 1 gram serbuk biji pala. 6 gram serbuk buah pisang batu diseduh dengan 100 ml air bersih, lakukan pengobatan ini secara rutin selama 30 hari.

13. Daun alpukat

Satu gelas air panas dandaun alpukat kering secukupnya, potong kecil-kecil daun alpukat kering, kemudian seduh dengan air panas seperti menyeduh teh (bisa ditambahkan gula secukupnya). Minumlah obat penyakit maag ini hingga habis. Lakukan pengobatan ini secara rutin, hingga sembuh.

Simak Juga :
Demikianlah beberapa tanaman obat herbal untuk sembuhkan maag. Sebenarnya kita bisa mengatasi keluhan penyakit maag yang dikeluhkan dengan menggunakan tanaman obat herbal yang telah Alloh anugerahkan di alam kita yang subur ini. Semoga kita bisa mengambil manfaatnya dengan bijak dan tanpa merusak kelestarian alam. Selamat mencoba..

0 Response to "Tanaman Obat Herbal untuk Sembuhkan Maag"

Post a Comment