Makanan Sehat untuk Menambah Darah

blogger templates
Makanan Sehat untuk Menambah Darah - Bagi Anda yang saat ini memiliki keluhan penyakit kurang darah atau penyakit anemia, berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai beberapa jenis makanan sehat yang efektif mampu menambah darah dan tentunya mempercepat penyembuhan penyakit anemia yang diderita.

Makanan Sehat untuk Menambah Darah
Makanan Sehat untuk Menambah Darah

1. Daging

Daging adalah salah satu jenis makanan sehat penambah darah. Hal ini karena daging mampu meningkatkan hemoglobin dan kaya akan kandungan zat besi. Selain itu, daging juga mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Meskipun daging adalah makanan sehat yang mampu secara efektif menambah darah, hal yang perlu kita ingat adalah jangan mengkonsumsinya dalam porsi yang berlebihan. Mengkonsumsi daging dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Sebaiknya, konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang dan dalam porsi yang sewajarnya.

2. Sayuran

Sayuran merupakan makanan penambah darah yang sehat. Meskipun demikian, tidak semua jenis sayuran memiliki fungsi sebagai penambah darah. Hanya ada beberapa jenis sayuran yang dapat menambah darah, diantaranya : bayam, ubi, kacang polong, kacang hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli, dan sawi. Dan diantara beberapa jenis sayuran tersebut, ada satu yang telah terbukti secara klinis mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh, yaitu ubi. Hal ini karena ubi mengandung zat besi yang dapat mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

3. Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan yang dapat menambah darah dan mengatasi keluhan penyakit kurang darah diantaranya adalah : kismis, plum, apel, jeruk, limau, anggur dan melon. Tidak hanya mampu meningkatkan produksi sel darah merah, beberapa jenis buah tersebut juga sangat efektif berperan dalam melancarkan sistem sirkulasi darah.

4. Kacang almond

Jenis kacang-kacangan telah terbukti mampu mengatasi kekurangan darah, dan terutama kacang almond. Kacang almond ini mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit kurang darah (anemia) yang diderita, hal ini karena dalam  setiap 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6% zat besi ke dalam tubuh Anda. Bagaimana, sudah tidak ada lagi keraguan akan manfaat kacang almond sebagai makanan sehat untuk menambah darah, bukan?

5. Sereal roti havermut

ketiga makanan ini mampu memberikan 20% zat besi jika dikonsumsi rutin setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukkan ke dalam daftar meni diaet Anda. Gandum memiliki kandungan zat bsi yang mampu mengurangi resiko terkena anemia berat.

6. Kuning telur

Telur dikenal sebagai makanan sehat penambah darah. Kandungan proteinnya yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel rusak dan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Cara mudah untuk mengatasi penyakit kurang darah atau anemia dengan menggunakan telur adalah cukup mudah dan bisa anda coba sendiri di rumah. Cukup rebus 1 butir telur ayam kampung bersama 60 gram daun bawang merah dan campurkan air secukupnya setelah itu, kemudian dimakan atau dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari.

Selain dengan mengkonsumsi ke-6 jenis makanan sehat penambah darah di atas, kita juga dapat melakukan pengobatan alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit anemia atau penyakit kurang darah yang diderita. Dan cara yang paling efektif adalah dengan menjalani pola makan yang sehat dan teratur. Cara tersebut dapat disimpulkan pada beberapa hal berikut ini :
  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, dengan asupan zat besi yang cukup sesuai dengan usia Anda.
  • Selain zat besi, konsumsilah makanan yang mengansung asam folat dan vitamin B12.
  • Perhatikanlah asupan kalsium, kopi, teh yang berlebihan. Zat-zat tersebut dapat menghalangi penyerapan zat besi. Simak sajian infomrasi menarik mengenai metode penyembuhan penyakit kurang darah secara alami di => Obat Herbal untuk Sembuhkan Kurang Darah.
Menjalani pola makan serta gaya hidup yang sehat memang merupakan pilihan mutlak jika kita mengingingkan kesehatan tubuh tetapa terjaga dan terhindar dari penyakit anemia (kurang darah). Terima kasih telah menyimak sajian Makanan Sehat untuk Menambah Darah, semoga bemanfaat.

1 Response to "Makanan Sehat untuk Menambah Darah"

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obatnyapenyakit.com/obat-herbal-penyakit-maag/

    ReplyDelete