Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat

blogger templates
Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat - Penyakit Asam urat atau yang disebut dengan istilah Arthritis Gout ini merupakan suatu gangguan yang menyerang bagian persendian karena kadar asam urat (zat purin) yang berlebihan, bertumpuk dan terakumulasi pada persendian karena ginjal tidak mampu mengeluarkannya.

Asam urat ini berasal dari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi. Karena mungkin secara tidak sadar selama ini kita mengkonsumsi sembarang makanan yang ternyata memiliki kadar purin yang tinggi dan akibatnya, penyakit asam urat itu sendiri dengan mudahnya menyerang.

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat

Untuk mencegah semakin tingginya kadar asam urat dalam tubuh, sudah seharusnya bagi Anda untuk memperhatikan setiap asupan makanan Anda sehari-hari. Karena jika tidak, maka asam urat yang Anda derita malah akan semakin parah. Tentunya Anda tidak menginginkan hal itu, bukan? Berikut ini adalah jenis-jenis pantangan makanan penyakit asam urat dan harus dihindari oleh penderitanya:

1. Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat Golongan A.

Makanan yang mengandung purin tinggi (150--800 mg/100 gr makanan), jenis makanannya adalah : hati, ginjal, otak, jantung, paru-paru, dan macam-macam jenis jeroan, remis, udang, kerang, sarden, herring, ekstrak daging (abon, daging), ragi (tape) alkohol, serta makanan dalam kemasang (kaleng).

2. Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat Golongan B

Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/ 100 gr makanan), jenis makanannya adalah : daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

3. Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat Golongan C

Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gr makanan), beberapa diantaranya adalah : keju, susu, telur, sayuran lain dan buah-buahan.

Saran untuk pasien penderita penyakit asam urat
  • Jangan minum aspirin (bilamembutuhkan obat pengurang rasa sakit, pulihlah jenis ibuprofen dan lainnya)
  • Perbanyak minum air putih, terutama bagi penderita penyakit batu ginjal, untuk mengeluarkan kristal asam urat dalam tubuh
  • Konsumsilah makanan yang mengandung potassium, seperti : sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, susu, yoghurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  • Daun sirsak. Daun sirsak telah diketahui secara ilmiah mampu berperan aktif dalam menurunkan kadar asam urat berlebih dalam darah. Hal ini karena daun sirsak ini memiliki kandingan alkaloid, tanin, fitosterol, dan accetogennins (terbukti melalui penelitian laboratorium sebagai zat antikanker ampuh) yang mampu berperan secara aktif dalam proses penyembuhan asam urat secara tuntas. Simak sajian lengkap mengenai khasiat daun sirsak sebagai obat herbal untuk sembuhkan asam urat.
Itulah beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat. Jalanilah pola makan dan gaya hidup yang sehat agar Anda dapat terhindar dari penyakit asam urat serta memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Semoga bermanfaat..

1 Response to "Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat"

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://acemaxsok.com/obat-herbal-penyakit-miom/

    ReplyDelete