Jenis Sayuran Pantangan Penyakit Asam Urat

blogger templates
Jenis Sayuran Pantangan Penyakit Asam Urat - Sayur-sayuran segar sangat dibutukan oleh tubuh. Hal ini karena sayuran memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap untuk memenihi kebutuhan gizi tubuh. Tapi, tidak semua jenis sayuran aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat, ada beberapa jenis sayuran yang jika dikonsumsi justru akan memberikan dampak buruk terhadap keluhan asam urat yang diderita, dan kemungkinan akan menjadi semakin parah. 

Jenis Sayuran Pantangan Penyakit Asam Urat

Adapun jenis sayuran yang harus dihindari oleh seseorang yang memiliki keluhan asam urat tersebut adalah sebagai berikut :

1.Bayam 

Jenis Sayuran Pantangan Penyakit Asam Urat (Bayam)
Bayam adalah sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, hal itu tidak berarti bahwa penderita penyakit asam urat aman mengkonsumsi bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang harus dihindari oleh seseorang yang memiliki keluhan penyakit asam urat, karena mengandung zat purin yang tinggi. Manurut tabel makan AcuMedico bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

2. Asparagus

Asparagus tinggi kandungan folat dan kalium, dapat dimakan dalam keadaan panas atau dingin setelah dimasak. Asparagus ini juga merupakan salah satu jenis sayuran pantangan penyakit asam urat yang harus dihindari oleh penderitanya, hal ini karena asparagus memiliki kandugan zat purin yang tinggi. Menurut AcuMedico, kandungan purin dalam asparagus ini adalah 23 gram per 100 gram.

3. Kembang kol

Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi, kembang kol juga termasuk salah satunya. Menurut AcuMedico, purin dalam kembang kol ini adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

4. Jamur

Jamur termasuk ke dalam jenis sayuran pantangan bagi penderita asam urat. Memiliki rasa yang lezat dan kerap kali digunakan dalam aneka kuliner nusantara tak berarti jamur ini aman dikonsumsi oleh pasien penderita asam urat. Jamur memiliki kadar purin tinggi dan tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ada kisaran 92-17 purin per 100 gram jamur, hal inilah yang dinyatakan oleh AcuMedico.

Simak Juga:
Itulah beberapa jenis sayuran pantangan penyakit asam urat. Untuk mengontrol kadar purin (asam urat) dalam tubuh, sudah seharusnya bagi Anda yang menderita asam urat untuk menjaga pola makan yang sehat dan tentunya menghindari pantangan makanan bagi penderit asam urat tersebut, agar proses penyembuhanpun berlangsung dengan cepat. Semoga bermanfaat..

0 Response to "Jenis Sayuran Pantangan Penyakit Asam Urat"

Post a Comment